
Cara Mudah Jadi Pelanggan PDAM Tirta Sembada Sleman
Cara Mudah Jadi Pelanggan PDAM Tirta Sembada Sleman
pdamsleman.co.id, SLEMAN - Air bersih merupakan kebutuhan fundamental bagi manusia. Oleh sebab itu, jasa Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam mendistribusikan air bersih sangat dibutuhkan masyarakat di berbagai daerah. Salah satunya bagi masyarakat Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), adalah PDAM Tirta Sembada Sleman. Pasalnya, seluruh kebutuhan sehari-hari membutuhkan air bersih seperti makan, mandi, cuci, dan sebagainya.
Untuk mendapatkan layanan distribusi air bersih dari PDAM Tirta Sembada Sleman, masyarakat harus berlangganan terlebih dahulu. Langganan tersebut akan disesuaikan dengan tipe rumah yaitu rumah tangga, kelompok sosial, niaga, atau instansi. Tipe ini akan memengaruhi besaran abonemen yang dibayarkan setiap bulannya.
Untuk diketahui, abonemen adalah jumlah biaya tetap yang harus dibayarkan konsumen kepada penyedia layanan. Adapun abonemen akan dibebankan kepada pelanggan jika pemakaian air PDAM mulai 0-10 kubik. Jika lebih dari itu, maka akan ada biaya kelipatan.
Sementara itu, belum banyak masyarakat yang mengetahui cara menjadi pelanggan PDAM Tirta Sembada Sleman. Simak artikel berikut ini.
Syarat langganan PDAM Tirta Sembada Sleman
Sebelum melakukan pendaftaran, calon pelanggan wajib mengetahui apa saja syarat untuk berlangganan distribusi air bersih PDAM Tirta Sembada. Syarat tersebut berupa dokumen yang harus dilengkapi saat melakukan pendaftaran.
Berikut ini adalah syarat dokumen yang harus dibawa:
-
Fotokopi KTP (1 lembar)
-
Formulir pendaftaran/ Surat Permintaan Langganan (SPL)
-
Materai 10.000 (dua lembar)
Langkah Pendaftaran Pelanggan Baru
Untuk menjadi pelanggan PDAM Tirta Sembada, hendaknya calon pelanggan mengetahui langkah dan tahapan yang harus dilakukan.
Pengisian formulir
Calon pelanggan diharapkan mengisi Surat Permintaan Langganan (SPL) yang dapat diambil di kantor unit sesuai wilayah rumah calon pelanggan. Adapun data yang harus diisikan adalah:
-
Nama
-
Nomor KTP
-
Alamat sesuai KTP
-
Alamat baru yang dimintakan sambungan baru
-
Nomor ponsel yang terkoneksi dengan aplikasi WhatsApp
-
Sumber air yang digunakan saat ini
-
Aliran PDAM nantinya akan digunakan untuk apa
-
Jumlah penghuni rumah pada alamat nomor empat
-
Apakah sebelumnya sudah pernah berlangganan atau belum
-
Sketsa denah alamat rumah pada nomor empat
Formulir tersebut juga berisi pernyataan yang wajib ditandatangani calon pelanggan dengan materai 10.000. Selain itu, perlu juga dibubuhi tanda tangan kepala RT dan RW wilayah tinggal calon pelanggan. Jika sudah terisi, maka SPL dikumpulkan kembali ke kantor unit PDAM Tirta Sembada.
Petugas melakukan survei
Setelah calon pelanggan mengumpulkan SPL, petugas akan melakukan survei ke rumah calon pelanggan. Survei itu dilakukan guna mengetahui jarak rumah dari pipa jaringan air terdekat, dan dilokasi mana water meter akan dipasang. Hal itu untuk memastikan sambungan baru dapat dipasang atau tidak.
Calon pelanggan melakukan pembayaran
Hasil survei petugas akan menentukan jumlah pembayaran sambungan baru yang harus dibayar calon pelanggan. Standar pemasangan baru dikenakan biaya Rp1.517.000 per enam meter pipa dari jaringan. Jika lebih jauh, maka akan dikenakan tambahan biaya sesuai kondisi di lapangan.
Pembayaran dapat dilakukan di loket kantor pusat PDAM Tirta Sembada Sleman yang beralamat di Jalan Parasamya No. 18, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511.
Antri Pemasangan
Jika pembayaran sudah dikonfirmasi kasir, maka giliran calon pelanggan menunggu antrian pemasangan sambung baru. Biasanya, pemasangan dilakukan berjarak 7-14 hari setelah pembayaran, bergantung banyaknya antrian. Setelah terpasang, maka PDAM Tirta Sembada akan melakukan aktivasi dan air siap digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
Jika sudah pernah dicabut, apakah masih bisa mendaftar sebagai pelanggan PDAM Tirta Sembada?
PDAM Tirta Sembada memiliki hak untuk mencabut atau menonaktifkan status pelanggan. Hal ini terjadi apabila pelanggan tidak melakukan pembayaran tagihan penggunaan air selama empat bulan berturut-turut.
Meski demikian, jika status pelanggan telah dinonaktifkan, pelanggan masih bisa melakukan sambung kembali dengan mendaftarkan diri ulang. Namun, terdapat biaya administrasi sambung baru sebesar Rp200.000 yang harus dibayarkan, serta tunggakan yang harus dilunasi terlebih dahulu.
Itulah cara mudah menjadi pelanggan baru PDAM Tirta Sembada Sleman. Yuk, tingkatkan kualitas hidup dengan penggunaan air bersih untuk menjaga masa depan generasi bangsa.*** (pdamsleman.co.id/ dindasd)