Memperingati hari Air Sedunia 22 Maret 2022

Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret. Mengusung tema “Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan (MANTAB), tahun ini masyarakat diharapkan untuk dapat lebih optimal dan bijak dalam menggunakan air dikehidupan sehari-hari.
Komitmen PDAM Tirta Sembada dalam memperingati Hari Air Sedunia telah terealisasi dalam beberapa kegiatan diantaranya adalah penanaman bibit pohon yang dilakukan di Instalasi Pengolahan Air dusun Pendekan serta penyerahan 200 bibit jambu kristal untuk masyarakat di dusun Sembur, Tirtomartani pada tanggal 18 Maret 2022. Selanjutnya, PDAM Tirta Sembada memberikan sosialisasi Hemat Air kepada siswa dan siswi SD N Kaliduren sebagai upaya pengenalan pentingnya hemat air sedari dini pada tanggal 19 Maret 2022. Tidak hanya itu, pada tanggal 21 Maret 2022 PDAM Sleman telah membagikan 150 tanaman kaktus kepada warga yang melewati area Perempatan Denggung.
Di masa pandemi Covid-19 ini, penggunaan air masyarakat meningkat tajam sebab mencuci tangan merupakan salah satu aktivitas wajib yang dilakukan sebagai upaya pencegahan penularan virus. Seperti halnya upaya pencegahan virus Covid-19 yang berkembang saat ini, PDAM Tirta Sembada juga berupaya untuk memberikan air bersih, aman, dan layak untuk masyarakat di Kabupaten Sleman.

Air yang bersih memiliki beberapa kriteria yaitu jernih, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Sebelum air dapat didistribusikan pada masyarakat luas, PDAM Tirta Sembada telah memastikan bahwa kondisi air yang diberikan adalah air yang bersih layak dan terhindar dari bakteri-bakteri yang tidak diperlukan bagi tubuh. Upaya yang telah dilakukan adalah melakukan proses kloriniasi pada air sebelum sampai ke pelanggan. Preses klorinasi merupakan proses penambahan kaporit pada air dengan dosis yang telah ditentukan sesuai dengan standar yang berlaku guna membunuh bakteri yang ada pada air seperti bakteri E.coli.

Jangan lupa lindungi diri dan keluarga dari virus Covid-19 dengan patuhi 5M mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumumunan serta mengurangi mobilitas.